News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ngeri! Jepang Diguncang Gempa Bermagnitudo 7,4, Korea Selatan Diterjang Tsunami!

Ngeri! Jepang Diguncang Gempa Bermagnitudo 7,4, Korea Selatan Diterjang Tsunami!



TRANSFORMASINUSA.COM | Korea Selatan dilanda tsunami pasca gempa berkekuatan magnitudo 7,4 melanda Prefektur Ishikawa, Jepang, pada pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB, hari ini, Senin (1/1/2024)


Seperti yang dilansir Reuters (1/1/2024), tsunami pertama mencapai pantai timur Korea Selatan pada 0921 GMT dengan ketinggian 45 cm (1,5 kaki).


Menurut tim dari Badan Meteorologi Korea Selatan, tsunami tersebut dapat berkembang setelah gelombang awal dan mungkin berlanjut selama lebih dari 24 jam. Warga di Provinsi Gangwon, Korea Selatan, pun diperingatkan agar mengambil tindakan pencegahan dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.


Badan Meteorologi Korea Selatan mengumumkan bahwa ada kemungkinan permukaan air laut di beberapa bagian Provinsi Gangwon di pantai timur akan naik setelah gempa bumi berkekuatan awal 7,6 melanda Jepang tengah bagian utara. Warga diminta untuk berhati-hati.


Diinformasikan juga bahwa gelombang tsunami setinggi 0,3 meter dapat mencapai pantai timur Korea Selatan antara pukul 09.29 GMT dan 10.17 GMT.


Pihak yang berwenang di Provinsi Gangwon memberi tahu warganya melalui pesan singkat darurat untuk menjauh dari pantai dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Pemerintah Kota Samcheok menyarankan warganya untuk pindah


Seperti diketahui bersama, gempa besar yang mengguncang wilayah prefektur Ishikawa dan sekitarnya di Jepang, pada Senin (1/1/2024) menyebabkan kerusakan yang parah. Sejumlah bangunan dilaporkan ambruk, jalan-jalan rusak parah, gempa ini memutuskan aliran listrik ke ribuan rumah dan mengganggu penerbangan, serta layanan kereta api di wilayah terdampak.


Reuters melaporkan lebih dari 36.000 rumah tangga kehilangan aliran listrik di prefektur Ishikawa dan Toyama akibat gempa ini. Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur pesisir Ishikawa, Niigata dan Toyama. Peringatan tsunami besar berarti ada kemungkinan gelombang lebih dari 3 meter. 


[ RED ]

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih