News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

inilah Deretan 5 Situs Rujukan Laporan Kecurangan Pemilu 2024, Yuk kita simak Penjelasannya

inilah Deretan 5 Situs Rujukan Laporan Kecurangan Pemilu 2024, Yuk kita simak Penjelasannya


TRANSFORMASINUSA.COMTahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 telah di mulai pada tanggal 14 Juni 2022 (20 bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024). Selain itu, terdapat pula tahapan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) putaran kedua, apabila hasil pilpres putaran pertama tidak terdapat pasangan calon yang mendapatkan suara lebih dari 50 persen.

KawalPemilu merupakan platform inisiatif urun-daya (crowdsourcing) dari netizen Indonesia yang bersifat PRO DATA, telah berdiri sejak tahun 2014 dengan tujuan utama menjaga keabsahan suara rakyat dalam pemilu melalui penerapan teknologi real count yang cepat dan akurat.

Misi utama dari KawalPemilu adalah mengawasi dengan cermat pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia dengan menggunakan teknologi yang mudah diakses dan dapat diandalkan.

Cara ikut berkontribusi di Kawal Pemilu

  1. Ketik kawalpemilu.org di Google
  2. Klik tombol Masuk lalu login dengan akun Gmail-mu
  3. Cari dan klik Provinsi -> Kota/Kabupaten -> Kecamatan -> Kelurahan -> No. TPS. Anda juga bisa mencari lokasi TPS Anda dengan mengklik tombol Cari, lalu ketikkan nama lokasinya
  4. foto C.HASIL-PPWP atau C.HASIL SALINAN-PPWP halaman 2 yang jelas menunjukkan nomor TPS dan lokasinya (kelurahan, kecamatan), beserta angka perolehan tiap pasangan calon
  5. Pastikan angka di formnya final dan telah ditulis dalam bentuk angka dan huruf, lebih baik lagi jika sudah ditandatangani KPPS dan para Saksi
  6. Isi angka perolehan tiap paslon dan klik Kirim.

Cara Kerja Kawal Pemilu

  1. Siapapun bisa memfoto hasil pilpres dari TPS (C.HASIL-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon)
  2. login ke keawalpemilu.org/profile dan unggah foto tersebut, beserta angka hasilnya
  3. Foto, hasil suara, dan lokasi TPS yang diunggah akan direview oleh moderator
  4. Hasil juga akan dicek ulang oleh sistem Kawal Pemilu

5 situs lapor kecurangan pemilu

Berikut beberapa website yang bisa digunakan untuk melaporkan kecurangan Pemilu 2024:

Jaga Pemilu

Jaga Pemilu adalah platform yang dibentuk oleh para tokoh dari berbagai latar belakang. Rektor, pengusaha, eks KPK, Komnas HAM, hingga mantan ketua KPU ikut serta.

Warga RI bisa klik www.jagapemilu.com untuk melaporkan kecurangan secara anonim. Laporan ini akan diverifikasi lebih dulu sebelum ditindaklanjuti Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Kecurangan Pemilu

Website kecuranganpemilu.com adalah buatan Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Indonesian Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Lewat website ini, kecurangan dalam bentuk peta tiap provinsi. Bahkan, Koalisi Masyarakat Sipil juga mencantumkan penelitian terkait Peta Titik Rawan Kecurangan Pemilu.

Jaga Suaramu

Pelanggaran administrasi, kode etik, pidana, dan pelanggaran hukum lainnya selama Pemilu juga bisa dilaporkan lewat jagasuaramu.id. Di sana, kamu juga bisa melihat detail calon presiden dan calon wakil presiden, serta profil tiap partai yang bertanding dalam Pemilu 2024.

Warga Jaga Suara

Platform ini tersedia di Google Play Store. Kamu bisa melaporkan pelanggaran proses Pemilu yang terjadi di TPS saat hari pemungutan suara. Bahkan, kamu juga bisa mengumpulkan dan menyebarkan informasi hasil Pemilu lewat foto C1 dan laporan hasil suara di setiap TPS.

SiGap Lapor Bawaslu

Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran Pemilu dan Pelanggaran (SiGap Lapor) diluncurkan oleh Bawaslu pada 1 November 2022. SiGap bisa diakses di sigaplapor.bawaslu.go.id

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih