News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Eks Komandan Militer Israel: Netanyahu Berbohong tentang Rafah

Eks Komandan Militer Israel: Netanyahu Berbohong tentang Rafah


TRANSFORMASINUSA.COMJALUR GAZA- Nimrod Sheffer, mantan kepala perencanaan di Staf Umum Tentara Israel, mengecualikan kemungkinan serangan besar-besaran Israel di Rafah, selatan Gaza, yang tidak disetujui oleh AS. Dia juga meminta petinggi militer dan politik Israel untuk tidak memperluas perang dengan Hizbullah di Lebanon, karena akan memakan biaya yang sangat mahal.

Dalam wawancara dengan Radio 103 FM yang terafiliasi dengan surat kabar Maariv, Sheffer, yang sebelumnya memimpin Israel Aerospace Industries, mengatakan bahwa “AS memiliki keputusan dalam masalah Rafah, bukan Israel, dan sangat bodoh bagi Netanyahu untuk menentangnya, padahal dia tahu bahwa kita tidak akan berperang dan Amerika menolak hal itu, yang juga berlaku untuk Lebanon.”

Sheffer memperkirakan operasi terbatas di Rafah, yang tidak seperti serangan besar yang dilakukan dalam lima bulan pertama agresi Israel. “Operasi besar di Rafah mungkin terjadi beberapa minggu pertama perang, tetapi kita tidak berperang dan kesempatan itu sudah tidak ada lagi,” dan menambahkan bahwa keinginan Netanyahu untuk melancarkan serangan besar “meskipun kalian semua menentangnya” menurutnya hanya bertujuan untuk memuaskan basis dukungannya dan tidak didasari oleh kenyataan.

Keinginan yang Palsu

Sheffer juga mengkritik Netanyahu karena berseteru dengan pemerintahan AS tentang Rafah meskipun dukungan luar biasa yang diberikan kepada Israel. Namun, menurutnya, yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa ini bukanlah ketegasan yang jujur, “dia berbohong saat mengirim pesan ini… para pemimpin militer tahu bahwa mereka tidak akan berperang di Rafah jika Amerika meminta mereka untuk tidak melakukannya.”

Mantan pejabat militer menuduh Netanyahu telah mengubah Israel menjadi negara “terbuang” yang sebelumnya, hanya enam bulan lalu, mendapat dukungan besar dari seluruh dunia, dan “lihatlah, para teman terbaiknya sekarang meragukannya hingga mereka berhenti menjual senjata dan suku cadang.”

Sheffer menduga kunjungan Menteri Pertahanan Yoav Gallant ke Amerika Serikat adalah upaya untuk mencegah pelarangan senjata Amerika atau mengambil langkah lain yang akan mengurangi atau memperlambat aliran senjata.

Front Utara

Mengenai front utara, mantan kepala perencanaan di Staf Umum militer Israel memperkirakan biaya yang sangat mahal jika terjadi perang dengan Hezbollah, dan mengatakan bahwa Israel – meskipun ancaman berulang dari pejabatnya – tidak bisa dan tidak ingin terlibat dalam perang dalam situasi saat ini, suatu fakta yang terus diaburkan oleh pemerintah.

Sheffer menambahkan bahwa jika perang terjadi, itu akan menjadi sesuatu yang sangat mahal, meminta Israel untuk melakukan hal yang benar dengan mencapai kesepakatan yang akan menghindarinya dari situasi itu, tetapi dengan memastikan bahwa kesepakatan itu ditegakkan, bukan seperti kesepakatan yang mengakhiri perang 2006, yang memungkinkan pasukan Hezbollah, termasuk Batalyon “Al Ridwan”, mengalir ke selatan.

Netanyahu dan menteri-menteri dalam pemerintahannya telah menyatakan kesiapan Israel untuk terlibat dalam perang luas di Lebanon untuk menghancurkan Hezbollah dan mengulangi skenario penghancuran di Gaza di sana. Partai itu telah merespons ancaman tersebut dengan mengonfirmasi kesiapannya untuk perang terbuka jika diperlukan.

Namun, kedua belah pihak hingga saat ini telah menghindari konfrontasi yang luas, membatasi diri pada pertukaran tembakan yang terbatas, meskipun Israel telah memperluas pergerakan udaranya untuk mencakup kedalaman Lebanon.

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih