News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

[BREAKING NEWS] Filipina Ngamuk ke China dan Mau Usir Para Diplomat, Ada Apa?

[BREAKING NEWS] Filipina Ngamuk ke China dan Mau Usir Para Diplomat, Ada Apa?


TRANSFORMASINUSA COM | Diplomat China terancam diusir dari Fillipina. Permintaan ini diutarakan langsung oleh penasihat keamanan Fillipina, Eduardo Ano.

Menurutnya, China telah membocorkan percakapan telepon dengan seorang laksamana Fillipina dan diplomat China. Informasi itu berasal dari laporan berita soal telepon mengenai pertikaian di Laut China Selatan.

Dalam transkrip pembicaraan telepon, Laksamana Fillipina disebut menyetujui untuk menggunakan kapal yang sedikit untuk pasokan ke marinir. Ini dilakukan pada kapal yang dilarang terbang di Second Thomas Shoal.

Selain itu, kedutaan besar China dinilai telah melakukan aksi menyebarkan disinformasi. Aksi tersebut perlu dihentikan dan diberikan sanksi. "Kedutaan besar China di Manila melakukan tindakan berulang untuk melibatkan dan menyebarkan disinformasi, misinformasi, dan malinformasi," kata Ano dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (12/5/2024).

Sementara itu juru bicara Kementerian Luar Negeri China, lin Jian, mengatakan komentar Ano sangat provokatif. Bukan hanya itu, dia meminta para diplomat bisa tetap melakukan tugasnya.

Sejak tahun lalu, Fillipina dan China terlibat banyak pertikaian di Laut China Selatan. Saat itu Fillipina meningkatkan aktivitas di perairan yang diduduki China.

Amerika Serikat (AS), yang mendukung Fillipina, juga telah buka suara soal masalah dua negara. Menurut pihak Departemen Luar Negeri setempat akan mematuhi pihak Fillipina.

"Kami mengetahui laporan media dan tunduh pada Departemen Luar Negeri Fillipina," ucap lembaga itu. Kantor Presiden Fillipina dan Kementerian Luar Negeri tidak segera menanggapi untuk berkomentar.

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih