News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemukim Ekstremis Israel Makin Brutal, Boikot Truk Bantuan Menuju Gaza

Pemukim Ekstremis Israel Makin Brutal, Boikot Truk Bantuan Menuju Gaza


TRANSFORMASINUSA COMPemukim ekstremis Israel meningkatkan serangan terhadap truk bantuan yang melewati Tepi Barat menuju Jalur Gaza.

Menurut laporan Washington Post, para pemukim Israel menggunakan jaringan grup WhatsApp untuk melacak truk dan mengoordinasikan serangan, yang mencegah makanan mencapai Gaza. Organisasi kemanusiaan memperingatkan bahwa situasi di Gaza semakin mendekati kelaparan.

“Kelompok pemuda pemukim mengikuti konvoi bantuan, mendirikan pos pemeriksaan, dan menginterogasi sopir truk,” tulis Washington Post dalam laporannya, Selasa (28/5/2024).

Dalam beberapa kasus, penyerang dari sayap kanan ekstrem Israel menjarah dan membakar truk serta memukuli sopir Palestina, yang menyebabkan setidaknya dua orang dilarikan ke rumah sakit. Penyerang menggunakan jaringan grup WhatsApp untuk melacak truk dan mengoordinasikan serangan, serta memanfaatkan informasi dari tentara dan polisi Israel, serta warga Israel lainnya.

Anggota grup ini memeriksa foto untuk mengidentifikasi kendaraan yang mungkin membawa bantuan ke Gaza dan mengerahkan pendukung lokal untuk mencegahnya.

Serangan pada Kamis lalu menunjukkan cara kerja sistem ini ketika pengguna di salah satu grup WhatsApp yang beranggotakan lebih dari 800 orang mulai memposting tentang sebuah truk yang membawa gula, dan membagikan foto-foto dari jalan saat mereka mengikutinya.

Yosef De Breser (23 tahun) mengatakan kepada grup WhatsApp-nya, “Truk yang menyuplai Hamas berhenti di depan Eviatar.. datanglah dan bergabung dengan blokade,” mengacu pada lokasi pemukiman Israel di selatan kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki.

De Breser adalah salah satu pemimpin gerakan “We Will Not Forget”, yang mendirikan kamp protes di perlintasan Kerem Shalom antara Israel dan Gaza awal tahun ini, dan mengelola banyak grup WhatsApp yang menargetkan truk bantuan.

Orang-orang merespons seruannya dan menjarah truk tersebut serta menumpahkan muatannya di jalan, sesuai dengan foto-foto yang dipublikasikan oleh grup itu kemudian – salah satu dari dua truk gula yang dirusak oleh pemukim hari itu.

De Breser mengatakan bahwa surat jalan yang tidak menunjukkan tujuan membuktikan bahwa truk itu menuju Gaza, tetapi pemilik muatan, Fahd Arar, mengatakan bahwa muatan 30 ton gula sebenarnya menuju ke kota Salfit di Tepi Barat.

Arar mengatakan bahwa sopirnya selamat tanpa cedera, tetapi tentara Israel tidak mengizinkannya memuat ulang barang-barang tersebut, melainkan tentara menggunakan buldoser untuk menghilangkan karung-karung tersebut dan menghancurkannya. Arar memperkirakan kerugiannya sekitar 30.000 dolar.

Tentara Israel mengatakan bahwa pasukan tiba di lokasi setelah serangan terjadi, membubarkan warga sipil dan “mencegah kerusakan lebih lanjut”.

Mereka membantah bahwa tentara menghalangi sopir untuk memuat ulang barang, tetapi sebuah pesan di grup WhatsApp pemukim menyebutkan bahwa polisi yang menghilangkan muatan.

Washington Post menyatakan, kekerasan dan vandalisme yang dilakukan hampir tanpa hukuman ini menimbulkan pertanyaan tentang kesiapan pasukan keamanan Israel untuk mengendalikan pemukim ekstremis dan melindungi warga Palestina.

Hal ini juga menantang klaim Israel bahwa mereka melakukan segala upaya untuk memastikan aliran bantuan ke Gaza, di mana situasi kemanusiaan memburuk dengan cepat sejak pendudukan Israel di kota Rafah selatan.

Rachel Toito, juru bicara organisasi Tzav 9 yang beranggotakan ratusan orang, termasuk pemukim dan tentara cadangan, yang aktif mencegah truk bantuan sejak Januari mengatakan, “Kami tidak pernah mengajak orang untuk menegakkan hukum dengan tangan mereka sendiri.”

Meskipun kelompok tersebut menghentikan kegiatannya setelah insiden 13 Mei, Toito menjelaskan bahwa upaya tersebut akan terus berlanjut karena hal ini adalah “DNA Tzav 9”, sementara De Breser mengatakan bahwa dia “senang dengan setiap truk yang tidak masuk Gaza, dan juga senang melihatnya terbakar.”

Kini, beberapa konvoi bantuan dari Yordania dikawal oleh polisi Israel. Namun, truk komersial lainnya tidak memiliki keamanan sama sekali, termasuk truk minuman ringan yang dikendarai oleh sopir Palestina Ibrahim Razem, yang menuju ke Kufr Aqab di pinggiran Yerusalem ketika ia menghadapi barikade pada malam 16 Mei.

Razem, penduduk Al-Quds, menceritakan bahwa kerumunan pemukim yang menghentikannya bertanya apakah ia menuju Gaza. Ia menunjukkan dokumen bahwa barang tersebut menuju tempat lain, tetapi mereka tidak puas dan bertanya “Apakah kamu Yahudi atau Arab?” sebelum mereka menyerang.

“Mereka benar-benar ingin membunuh saya,” ujar Razem, yang mengatakan bahwa tentara di lokasi tidak melakukan banyak hal untuk mengendalikan kerumunan. Ia bersembunyi di bawah kendaraan militer Israel untuk melindungi diri dari pukulan.

Razem, yang mengalami tiga patah tulang di tulang belakang, patah tulang rusuk, dan patah hidung, menegaskan, “Jika tentara benar-benar ingin mereka pergi, mereka bisa menembak ke udara.”

Truk yang dihiasi dengan kenang-kenangan dari anak-anaknya terbakar setelah ia dibawa ke rumah sakit. “Itu adalah sumber pendapatan saya.. hancur sudah,” katanya, memperkirakan kerugiannya sekitar 200.000 dolar.

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih