News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Harga beras terus meningkat, warga terpaksa 'mengirit beli beras satu liter per hari

Harga beras terus meningkat, warga terpaksa 'mengirit beli beras satu liter per hari


TRANSFORMASINUSA.COM | Peningkatan harga-harga, terutama bahan-bahan pokok, telah memicu penurunan daya beli masyarakat. Terkait kondisi ini, Bank Dunia pun meninggikan standar garis kemiskinan moneter terbaru.          

 Kenaikan harga beras tak bisa diatasi sam­pai akhir tahun, jumlah orang miskin di Indonesia bertambah, karena beras ini sangat sensitif,” kata Nurdiansyah kepada media Transformati Nusa.Com.                  

Meski Pemerintah mengklaim stok beras nasional dalam kon­disi yang aman sampai tahun de­pan, namun tingginya harga bisa menyebabkan inflasi meningkat di atas target Pemerintah tahun ini di 3 persen +1 persen.                     

Senada Menambahkan " Januari hingga Agustus 2023 saja, inflasi beras secara akumu­lasi sudah mencapai 8 persen." Ucapnya".

Dampak kenai­kan harga beras akan terjadi dalam waktu cukup panjang, khususnya dalam bentuk inflasi pangan.

Masyarakat yang miskin jadi makin miskin, yang baru keluar dari garis kemiskinan bisa masuk lagi dalam garis miskin,” imbuh Nurdiansyah.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Ke­budayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, Presiden Jokowi telah menginstruksikan para pimpinan daerah untuk mengawasi angka inflasi di daerahnya.

Pemda harus tahu komoditas apa saja yang memicu inflasi di daerahnya. Kan masing-masing berbeda, ada yang cabe, ada yang harga beras, mungkin ada juga yang telor,” kata Nurdiansyah kepada media Transformati Nusa.Com



[ RED ] NURDIANSYAH

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih