News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jika Anggaran Program Makan Siang Gratis dari Dana BOS

Jika Anggaran Program Makan Siang Gratis dari Dana BOS

 


TRANSFORMASINUSA.COM | Cawapres nomor urut 2 sekakigus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi soal anggaran program makan siang gratis bakal bersumber dari dana bantuan operasional siswa (BOS).

Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) menilai rencana penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk program makan siang senilai Rp 15.000 per anak bisa berdampak besar.

Operasional sekolah akan macet karena selama ini mengandalkan dana BOS. Belum lagi gaji guru honorer, bisa puasa mereka kalau dana BOS dipakai makan siang,” ucapnya Edi Sunjaya 

apabila anggaran untuk program makan siang benar menggunakan dana BOS, maka satuan pendidikan pasti tekor. Dampak dari langkah itu dia sebut juga pasti akan banyak, seperti potensi macetnya operasional sekolah karena selama ini satuan pendidikan mengandalkan dana BOS untuk operasional mereka.

Mestinya menunggu pengumuman resmi KPU ya, baru didiskusikan dengan publik bagaimana skema implementasinya, jangan grusa-grusu,” terang dia.

Sementara itu, program makan siang gratis apabila telah berjalan penuh membutuhkan anggaran sebesar Rp450 triliun. Itu berarti setara dengan 13,5% dari APBN 2024 yang berjumlah Rp3.325 triliun.

Dia mengatakan dengan penggunaan mekanisme BOS itu, pemerintah pusat nantinya tinggal membuat prosedur untuk tingkat nasional. Sementara, penyalurannya dapat dilakukan langsung kepada sekolah.


[ RED ] EDI SUNJAYA

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih