News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Amerika Setujui Pengiriman Lebih Banyak Bom dan Pesawat Tempur ke Israel

Amerika Setujui Pengiriman Lebih Banyak Bom dan Pesawat Tempur ke Israel


TRANSFORMASINUSA.COMDalam beberapa hari terakhir, Amerika Serikat telah menyetujui pengiriman bom dan pesawat tempur senilai miliaran dolar ke Israel. Pengirman tersebut anomali karena di sisi lain Washington mengklaim khawatir atas kemungkinan Israel menyerang Rafah, Jalur Gaza selatan tempat satu juta lebih warga sipil mengungsi.

Menurut laporan dari Washington Post yang mengutip pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) dan Departemen Luar Negeri, paket senjata baru ini mencakup lebih dari 1.800 bom model MK 84 berat 2.000 pon dan 500 bom model MK 82 berat 500 pon.

Departemen Luar Negeri menyetujui pengiriman 25 pesawat tempur dan mesin “F-35A” senilai sekitar 2,5 miliar dolar minggu lalu.

Surat kabar itu juga mencatat bahwa administrasi Presiden Joe Biden menyetujui pengiriman senjata baru ini tanpa memberi tahu Kongres dan tanpa pengumuman kepada publik, berdasarkan pemberitahuan sebelumnya kepada Kongres yang serupa.

Washington telah memberikan 3,8 miliar dolar bantuan militer tahunan kepada sekutunya Israel dalam waktu yang lama.

Langkah baru ini datang di tengah kritik internasional yang keras terhadap Israel karena melanjutkan serangan udara dan serangan darat di Gaza, serta dalam konteks panggilan anggota Partai Demokrat kepada Presiden Joe Biden untuk memotong bantuan militer Amerika.

“Berakhirnya Kompromi”

Dalam konteks ini, anggota Senat Amerika Bernie Sanders mengatakan bahwa tidak boleh memanggil Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menghentikan serangan terhadap warga sipil di Gaza dan kemudian mengirimkan ribuan bom kepadanya keesokan harinya, menambahkan bahwa Washington harus mengakhiri kompromi dan bahwa menyediakan bom yang dapat meratakan bangunan di tanah adalah sesuatu yang menjijikkan.

Di sisi lain, anggota Senat Demokrat Chris Van Hollen mengkritik administrasi Biden atas pengiriman lebih banyak bom ke Netanyahu sementara mengabaikan permintaannya untuk tidak melakukan operasi militer di Rafah dan menyediakan lebih banyak bantuan kemanusiaan untuk Gaza, menyatakan bahwa administrasi Biden tidak menyadari kontradiksi antara kata-katanya dan tindakannya dalam hal pengiriman senjata ke Israel.

AS menyediakan pertahanan udara dan amunisi untuk Israel, tetapi beberapa Demokrat dan kelompok Arab-Amerika mengkritik dukungan yang kuat dari administrasi Presiden Joe Biden kepada Israel yang mereka katakan memberinya rasa kekebalan.

Gedung Putih menahan diri untuk berkomentar tentang pengiriman senjata, dan Kedutaan Besar Israel di Washington belum memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar.

Keputusan tentang senjata ini datang setelah kunjungan Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, ke Washington pekan ini untuk membahas kebutuhan Israel akan senjata dengan rekan-rekannya dari Amerika.

Dalam upaya untuk meredakan ketegangan antara Israel dan Amerika Serikat, Gallant menegaskan dalam percakapannya dengan wartawan pada hari Selasa bahwa dia menekankan pentingnya hubungan Amerika bagi keamanan Israel dan pentingnya “keunggulan militer kualitatif” Israel di wilayah tersebut, termasuk kemampuan udaranya.


[ RED ]

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih