News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ekonomi Hancur, Israel Hadapi Ancaman Resesi Inflasi

Ekonomi Hancur, Israel Hadapi Ancaman Resesi Inflasi


TRANSFORMASINUSA COM | Ekonomi Israel berisiko mengalami resesi inflasi, yakni kombinasi dari perlambatan pertumbuhan ekonomi seiring dengan lonjakan inflasi dan pengangguran. Situs berita Israel, Calcalist, melaporkan, janji pemerintah untuk mengatasi lonjakan inflasi tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Laporan dari situs tersebut menunjukkan, 40% kenaikan upah baru-baru ini tidak menghasilkan peningkatan daya beli yang diinginkan. Ini disebabkan oleh kenaikan yang lebih rendah dibandingkan dengan lonjakan inflasi.

Ekonomi berisiko mengalami peningkatan pajak nilai tambah dalam upaya untuk mengurangi defisit anggaran yang semakin memburuk akibat berlanjutnya perang di Gaza, yang akan memperparah resesi dan meningkatkan inflasi.

Rata-rata upah nominal di ekonomi Israel mencapai 14 ribu shekel (3.756 dolar), menurut Biro Statistik Pusat Israel. Namun, Calcalist berpendapat, pujian terhadap kenaikan tersebut tidaklah tepat, karena menyembunyikan ancaman ekonomi yang lebih berbahaya bagi rumah tangga, yakni spiral inflasi antara upah dan harga yang terus meningkat.

“Dengan melihat angka-angka dengan teliti, kita dapat melihat bahwa sementara upah nominal pekerja Israel telah meningkat sebesar 7,25% sejak pembentukan pemerintahan Benjamin Netanyahu yang melibatkan Menteri Keuangan yang ketat, Tzachi Hanegbi, namun upah riil – dengan mempertimbangkan kenaikan harga – hanya naik sebesar 4,3%,” demikian Calcalist, dikutip Sabtu (11/5/2024).

Harga Makanan Melonjak Tinggi

Dalam perbandingan yang dilakukan Calcalist tentang 10% tertinggi dari barang-barang yang paling mengalami inflasi sejak Januari 2023, yang mencakup makanan seperti buah-buahan segar, sayuran, telur, gula dan penggantinya, ikan, ayam, produk susu, krim, kakao, dan daging sapi, item-item ini mengalami kenaikan harga antara dua hingga lima kali lipat dari tingkat inflasi keseluruhan yang mencapai 3,6% untuk periode yang sama.

Di tingkat internasional, Israel menempati peringkat keempat dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi dalam hal inflasi harga makanan, dengan tingkat tahunan mencapai 5,35%, jauh di atas rata-rata organisasi tersebut sebesar 4,8% dan jauh di atas rata-rata Eropa sebesar 1,5%.

Hal yang lebih memprihatinkan adalah inflasi harga makanan di Israel turun 40% dibandingkan tahun sebelumnya, sementara Uni Eropa mencatat penurunan sebesar 90%.

Data terbaru dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Israel akan lebih rendah dari perkiraan sebelum perang, hanya sebesar 1,9% dan akan meningkat menjadi 4,6% pada tahun 2025.

Sementara itu, dalam hal inflasi, organisasi tersebut memperkirakan rata-rata tahunan untuk Israel tahun ini akan mencapai 2,5%, dibandingkan dengan 2,7% yang diprediksi oleh Bank Sentral Israel.

Kelalaian dan Masalah Struktural

Laporan Calcalist menyoroti kelalaian yang berkelanjutan oleh pemerintahan Netanyahu sejak 2009, yang menandai awal di mana Israel dapat dibandingkan dengan rata-rata Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi dalam hal tingkat harga.

Laporan dari organisasi tersebut menegaskan, meskipun harga di Israel meningkat, bagian per kapita dari produk domestik bruto tidak melebihi 96% dari rata-rata di negara-negara maju, menunjukkan masalah struktural seperti infrastruktur yang tidak memadai, kekakuan pasar tenaga kerja, beban regulasi, peningkatan utang pemerintah, hambatan perdagangan yang besar, penurunan daya saing, dan investasi yang tidak memadai.

Meningkatnya Risiko Resesi Inflasi

Calcalist memperingatkan, bahaya resesi inflasi (kombinasi dari penurunan pertumbuhan ekonomi dan kenaikan inflasi) semakin jelas. Situasi ekonomi ini membuat peran Bank Israel menjadi lebih rumit, menghambat kemampuannya untuk menurunkan suku bunga menurut surat kabar tersebut, yang sangat penting untuk pemulihan ekonomi dan peningkatan pertumbuhan.

Laporan Calcalist mengkritik kurangnya intervensi yang substansial oleh pemerintah saat ini untuk mengurangi biaya hidup yang tinggi, meskipun mereka berjanji sebelum pemilihan untuk mengurangi biaya hidup, karena kenaikan harga yang terus menerus dan kelalaian reformasi struktural hanya akan memperburuk masalah inflasi, meningkatkan tekanan pada ekonomi Israel dan rumah tangga.

Perang Israel di Gaza telah berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dalam tiga bulan terakhir tahun 2023 lebih dari yang diperkirakan, dengan Kantor Statistik Pusat Israel mencatat – dalam estimasi ketiga mereka – bahwa ekonomi menyusut 21% pada kuartal terakhir 2023 secara tahunan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Ini terjadi setelah penyusutan sebesar 19,4% dalam perkiraan awal yang direvisi pada Maret, dengan penyusutan sebesar 20,7%.

Perang berkelanjutan Israel di Gaza dimulai pada 7 Oktober, yang menyebabkan penurunan tajam dalam ekspor sebesar 22,5%, pengeluaran swasta sebesar 26,9%, investasi dalam aset tetap sebesar 67,9%, dan impor sebesar 42,4% pada kuartal terakhir. Namun, pengeluaran pemerintah di Israel melonjak 83,7%.

Kantor tersebut dalam laporannya menyatakan, tingkat inflasi tahunan meningkat lebih dari yang diperkirakan menjadi 2,7% pada Maret dari 2,5% pada Februari.

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih