News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Gentar Bela Palestina, Mahasiswa Amerika Rela Walk Out Dari Wisuda

Tak Gentar Bela Palestina, Mahasiswa Amerika Rela Walk Out Dari Wisuda


TRANSFORMASINUSA COM | Puluhan mahasiswa meninggalkan upacara wisuda mereka di Virginia Commonwealth University pada hari Sabtu, sebagai protes terhadap sikap gubernur negara bagian, yang menjadi salah satu pembicara pada upacara tersebut, terkait demonstrasi yang disaksikan kampus baru-baru ini.


Hal ini terjadi pada saat para pejabat universitas Amerika bersiap menghadapi kemungkinan gangguan pada upacara wisuda akibat protes terhadap perang di Gaza, yang telah mendorong beberapa orang untuk membatalkan upacara tersebut atau mengeluarkan langkah-langkah keamanan yang ketat.


Postingan media sosial pada hari Sabtu menunjukkan mahasiswa VCU meninggalkan aula dengan mengenakan gaun wisuda dan topi ketika gubernur negara bagian itu yang berasal dari Partai Republik, Glenn Youngkin, memulai pidato kelulusannya. Beberapa mahasiswa mengkritik pilihan gubernur sebagai pembicara tahun ini karena penolakannya terhadap persyaratan literasi rasial yang diajarkan oleh VCU, serta mengatakan bahwa perkemahan tidak boleh diizinkan di kampus.


Video yang diposting online menunjukkan beberapa mahasiswa pengunjuk rasa VCU meneriakkan, “Singkapkan, jelas – kami tidak akan berhenti, kami tidak akan beristirahat,” mengacu pada tuntutan para pengunjuk rasa agar lembaga mereka memutuskan hubungan keuangan mereka dengan Israel.


Cyrine Haddad, mahasiswa tahun kedua di Virginia Commonwealth University yang membantu mengatur protes, mengatakan kepada BBC pada Sabtu malam bahwa orang-orang bertepuk tangan begitu keras sehingga penonton tidak dapat mendengar Youngkin berbicara.


Haddad mengatakan, sekitar 150 orang berunjuk rasa di luar upacara, termasuk mahasiswa yang keluar. Polisi menangkap 13 orang, termasuk enam mahasiswa, di Virginia Commonwealth University ketika polisi membersihkan kamp di sana pada tanggal 29 April. Puluhan mahasiswa meninggalkan upacara wisuda mereka di Virginia Commonwealth University pada hari Sabtu, sebagai protes terhadap sikap gubernur negara bagian, yang menjadi salah satu pembicara pada upacara tersebut, terkait demonstrasi yang disaksikan kampus baru-baru ini.


Hal ini terjadi pada saat para pejabat universitas Amerika bersiap menghadapi kemungkinan gangguan pada upacara wisuda akibat protes terhadap perang di Gaza, yang telah mendorong beberapa orang untuk membatalkan upacara tersebut atau mengeluarkan langkah-langkah keamanan yang ketat.


Postingan media sosial pada hari Sabtu menunjukkan mahasiswa VCU meninggalkan aula dengan mengenakan gaun wisuda dan topi ketika gubernur negara bagian itu yang berasal dari Partai Republik, Glenn Youngkin, memulai pidato kelulusannya.


Beberapa mahasiswa mengkritik pilihan gubernur sebagai pembicara tahun ini karena penolakannya terhadap persyaratan literasi rasial yang diajarkan oleh VCU, serta mengatakan bahwa perkemahan tidak boleh diizinkan di kampus.


Pidato gubernur tetap berjalan sesuai rencana meskipun ada keberangkatan. Dia kemudian memposting pesan di media sosial yang memberi selamat kepada para lulusan dan tidak mengomentari protes tersebut.


Pada upacara wisuda lainnya pada hari Sabtu, Dekan UC Berkeley Carol Christ membuka upacara tersebut dengan berbicara tentang demonstrasi yang dilakukan pengunjuk rasa selama berminggu-minggu.“Saya sedih melihat konflik ini telah memecah belah mahasiswa, dosen, dan staf,” katanya, menurut Los Angeles Times. Ucapan tersebut memicu tepuk tangan dan teriakan seperti: “Halo, halo, ho ho, pendudukan harus dihentikan.”


Sekitar 20 mahasiswa berdiri dan mulai mengibarkan tanda dan bendera Palestina serta meneriakkan “Bebaskan Palestina” dalam pidato lainnya dan kemudian diikuti oleh lebih banyak lulusan, menurut San Francisco Chronicle. Dalam sebuah pernyataan, Universitas California Berkeley mengatakan bahwa acara tersebut terus berlanjut meskipun “sayangnya terganggu,” dan para pengunjuk rasa yang meninggalkan acara tersebut melakukannya secara sukarela. Tidak ada yang ditangkap. Protes ini terjadi sehari setelah delapan mahasiswa mengenakan kaus bertuliskan “Divestasi UC” pada upacara wisuda fakultas hukum tersebut, sebuah slogan yang menyerukan universitas tersebut untuk melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang diduga terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Palestina.


Bulan lalu, BBC menghitung ada lebih dari 130 perguruan tinggi dan universitas Amerika yang menyaksikan protes terhadap perang yang sedang berlangsung di Gaza. Protes di kampus menyebabkan pembatalan beberapa upacara wisuda, termasuk di Universitas Columbia di New York, yang pekan lalu mengatakan akan membatalkan upacara wisuda tanggal 15 Mei dan menggantinya dengan upacara yang lebih kecil untuk fokus menjaga keamanan mahasiswa.


Banyak sekolah telah mengambil tindakan tambahan untuk acara wisuda, seperti mewajibkan kartu identitas, menerapkan kebijakan tas transparan, dan mengeluarkan peringatan bahwa orang-orang yang mengganggu akan disingkirkan. Beberapa pembicara wisuda juga mengundurkan diri, seperti penulis Colson Whitehead, yang mengatakan dia tidak akan menjadi pembicara utama pada upacara Universitas Massachusetts Amherst, setelah polisi memindahkan sebuah perkemahan di sana.


Universitas Vermont dan Universitas Xavier di Louisiana baru-baru ini membatalkan undangan Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, untuk berbicara di bawah tekanan mahasiswa agar mencoretnya dari daftar pembicara.


Beberapa universitas, termasuk Universitas Pennsylvania dan Institut Teknologi Massachusetts, memindahkan kamp dan menangkap pengunjuk rasa pada hari Jumat sebelum upacara wisuda. Meskipun beberapa universitas menghindari evakuasi dari kamp protes, universitas lain menggunakan polisi untuk membantu mengusir pengunjuk rasa.


Di Universitas Arizona, polisi turun tangan untuk mengevakuasi para pengunjuk rasa, menurut universitas tersebut. Arizona State University melaporkan pada hari Jumat bahwa awal pekan ini, kepala polisi universitas tersebut diberikan cuti administratif berbayar sambil menunggu peninjauan atas kinerjanya, setelah universitas menerima banyak keluhan tentang penanganannya terhadap protes yang terjadi di kampus pada akhir April.

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih