News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penasehat DPP Laskar Betawi, Dian Nurhayati, Mempererat Persatuan Masyarakat Betawi di Timur Tengah

Penasehat DPP Laskar Betawi, Dian Nurhayati, Mempererat Persatuan Masyarakat Betawi di Timur Tengah


 

TRANSFORMASINUSA.COM–
JAKARTA,Setelah berhasil membentuk paguyuban Keluarga Betawi di Qatar (Labeiq) yang diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 19 Maret 2024, acara peresmian tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI Qatar, Ridwan Hassan. Perhelatan peresmian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2024 dengan kehadiran keluarga Betawi Qatar dan beberapa perwakilan kelompok masyarakat di Qatar.
 
Pada hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2024, Labeiq mengadakan acara untuk memperingati HUT Kota Jakarta yang ke-497 di Qatar. Dalam rangka selebrasi HUT Kota Jakarta, Labeiq mengadakan acara lomba masak-masakan, pembuatan minuman Pletok khas Betawi, lomba foto keluarga dengan atribut dan kostum Betawi, serta ikon Betawi. Acara seremonial HUT Kota Jakarta, yang diketuai oleh Mpok Nurul, berjalan dengan lancar dan sukses. Mpok Nurul sebagai ketua panitia memberikan kesempatan kepada keluarga Betawi di Qatar untuk berpartisipasi aktif dalam acara tersebut.
 
Labeiq, yang artinya "saya memenuhi panggilan Mu" dalam bahasa Arab, berfungsi sebagai sarana untuk menyatukan masyarakat Betawi di Qatar. Bagi masyarakat yang lahir, tinggal, dan dibesarkan di tanah Betawi, mereka berharap dapat melestarikan adat, seni, budaya Betawi, serta mempererat tali silaturahmi sesama warga Betawi di Timur Tengah.
 
Dian Nurhayati Z, sebagai pembina Labeiq, Dewan Penasehat dari DPP Laskar Betawi Jabodetabek, dan Perwakilan Masyarakat Adat dan Tradisi Betawi (MANTAB) di Qatar, Timur Tengah, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait serta keluarga masyarakat Betawi di Qatar atas suksesnya acara ini. Dia berharap Labeiq dapat menjadi tempat menjunjung tinggi nilai-nilai adat budaya Betawi di luar negeri untuk melahirkan generasi muda yang kreatif, produktif, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.
 
Ketua Labeiq, Ali Imron Gawi, menegaskan bahwa keberhasilan acara ini berawal dari niat kuat untuk mengangkat seni budaya Betawi dan mempersatukan masyarakat Betawi di Timur Tengah. Sikap spontan, ceplas-ceplos, dan humor yang khas Betawi tetap terjaga dalam acara dan komunikasi mereka, tanpa merugikan adab kesopanan. Dian Nurhayati Z mengungkapkan rasa syukur atas terwujudnya silaturahmi keluarga Betawi di Qatar.
 
Kedepannya, dijadwalkan Labeiq akan merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-79. Sekjen DPP Laskar Betawi, Edwin Indardy, mengusulkan penobatan Dian Nurhayati Z sebagai duta Budaya Betawi kepada ketua umum Laskar Betawi, keturunan Raja dan Sultan Nusantara, serta tokoh Betawi lainnya. Acara tersebut direncanakan akan diadakan pada penghujung tahun 2024 dengan mengundang sejumlah tokoh terkemuka.[sarifudin.SE]

Tags

TNC GROUP CHATT ME

Kritik dan Sarang bisa melalui kolom dibawah ini,Terima Kasih